Minggu, 16 Februari 2020

Aleya #menyapih

Sejak umur 24 bulan, setiap hari selalu aku sounding kalau dia sudah besar dan gak boleh nenen lagi. Tapi ketika dia merengek minta, pasti aku selalu kasih. Aku ingin dia berusaha dan siap untuk berpisah dengan sumber kenyamanannya selama 2 tahun ini tanpa paksaan.

Aku mentargetkan dia lepas nenen usia 30 bulan, tapi ternyata waktu kita mudik kemarin dia berhasil menyapih dirinya sendiri tanpa paksaan. Tepat di usianya 27 bulan 2 hari. Tidak pernah menyangka dia tiba2 tidur tanpa meminta nenen seperti biasanya, dia hanya minta air putih, kemudian memeluk guling sembari memintaku untuk menepuk punggungnya. Setelah itu dia tertidur lelap, tanpa terbangun untuk meminta nenen. Memang sih sejak 2 tahun aku membiasakan dia untuk minum air putih ketika terbangun dari tidur. 

Hari2 berikutnya, dia tidak pernah menangis, merengek untuk nenen. Padahal paginya aku selalu bertanya, Aleya tadi malem bobok sendiri ya? Dia menjawab, iyaa ndak nenen. Aku langsung memeluknya dan bilang Aleya pintar, Aleya sudah besar sekarang, sudah gak nenen mama lagi. Mama bangga sama Aleya. Kemudian dia tersenyum tipis dan melepaskan pelukanku. 

Sungguh bahagia luar biasa dia bisa berhasil menyapih dirinya sendiri, tanpa ditakut2i, tanpa olesan apapun, tanpa paksaan sedikitpun. MasyaAllah ngetiknya sambil nangis sampe berantakan gini 😭

Tidak ada komentar:

Posting Komentar